Senin, 23 November 2009

“ OPEN OFFICE (WRITER) DAN SEPUTAR BROWSING “

“ OPEN OFFICE (WRITER) “
Dalam ragam operasi rutin ada di dalam panduan menggunakan open office. Sekarang dipersiapkan sejumlah panduan untuk memperkaya aktivitas dengan aplikasi Writer. Semua datang dari para praktisi yang sehari- hari menggeluti aplikasi tersebut. Adalah Lembaga Pendidikan Komputer Nurul Fikri, untuk mengguyuhkan panduan ini. Tetap praktis dengan bahasa yang sederhana. Tidak pusing, dan tidak perlu berkeliling mencari mentor untuk menguasainya.
WRITER
Lebih dari sekedar tak tik, mengolah dokumen teks dengan Open Office. org benar- benar menghasilkan karya. Ragam fasilitas yang umum tersedia di program pengelolaan kata ada di dalamnya, bahkan beberapa fiturnya terbilang khas. Kami tunjukkan cara memanfaatkannya. Tinggal satu tugas untuk mengoptimalkan pemakaiannya.
A. Mengimpor Koleksi Font
Sama mudahnya dengan menambahkan perbendaharaan font pada Windows. Untuk mendesain dokumen (baik melalui writer, calc, maupun impress), sering kali kita memerlukan font tertentu. Sementara pengguna Open Office.org di Windows dapat menggunakan, jenis huruf bawaan Open Office. org versi linux sangat terbatas, dan belum tentu sesuai dengan selera kita. Walau demikian, tetap bias menambahkan jenis huruf favorit ke dalanya.
B. Mengubah Huruf Utama
Atur huruf standar untuk semua dokumen yang akan di buat. Open Office. Org memanggil jenis huruf tertentu setiap kali terbuka. Bila punya satu huruf favorit, sebaiknya ganti huruf standar yang dipanggil Open Office. Org dengan yang diinginkan.
C. Menghias Teks
Percantik dokumen dengan menyisipkan teks hias siap pakai. Bila di Microsoft Office mengenal fitur WordArt, dalam Open Office.org pun ada fasilitas serupa, namanya FontWork. Walaupun tidak selengkap seperti dalam Microsoft Office, paling tidak fitur akan memberikan sentuhan seni dalam dokumen.
D. Menandai Dokumen dengan Gambar
Atur agar dokumen menjadi lebih khas. Watermark merupakan gambar yang terlihat remang- remang di belakang teks. Open Office.org memilki fasilitas otomatis untuk mengeset gambar menjadi watermark dalam dokumen, tanpa perlu mengolahnya terlebih dahulu. Manfaatkan untuk membuat tanpa dokumen.
E. Mengubah Teks Jadi Tabel
Cara alternative menyusun table untuk data. Membuat table dari kumpulan teks bisa. Sebaliknya mengambil teks dari dalam tabel pun bisa kita lakukan dengan cepat, tanpa perlu langakah yang panjang.
F. Mengatur Penomoran Halaman
Tampilkan nomor yang pas untuk setiap lembar dokumen. Kebanyakan pengolah kata biasanya memasang nomor halaman 1 pada lembar pertama dokumen. Ada kalanya kita mengiginkan nomor halaman di lembar halaman pertama bukanlah 1, tapi nomor lainnya. Bagaimana cara menyiasatinya? Ikuti langkah- langkah berikut inbi untuk menyelesaikannya di Open Office.org.
G. Bikin Daftar Tanpa Tabel
Hasilnya tetap dapat diformat sesuai kebutuhan. Daftar tak perlu selalu berupa tabel, dengan menyetel tabulasi pun bisa membuat daftar sederhana, sekaligus mengurutkan data di dalamnya.
H. Berhitung di Dalam Tabel
Hasilnya akurat, seperti mengunakan kalkulator. Untuk kondisi tertentu, kita mungkin perlu menghitung di dalam tabel. Tidak perlu menggunakan kalkulator, gunakan saja fungsi kalkulator. Cara kerjanya mirip dengan perhitungan pada spreadsheet.
I. Mengirip Surat ke Banyak Orang
Bikin sekali, hasilnya bisa dipakai berkali- kali. Untuk suatu keperluan, adakalanya kita ingin mengirimkan surat secara missal ke banyak tujuan. Agar lebih mudah, gunakan fasilitas mail marge. Di pandu untuk memakainya.
J. Mengisi Kuitansi
Isi bukti pembayaran menjadi lebih rapi dan jelas. Tidak selamanya kuitansi yang kita pergunakan untuk bukti transaksi harus penh dengan tulisan tangan. Kalu sudah punya format kuitansi yang tetap, isikan saja datanya melalui komputer, sehingga tampak lebih rapi. Tantangannya, untuk mengatur posisi kertas kuitansi agar pas masuk ke printer.


SEPUTAR INTERNET
Keberadaan internet saat ini telah berhasil menghilangkan batasan jarak dan waktu, khususnya dalam mencari informasi. Banyak hal yang dapat kita lakukan melalui media ini, di antaranya adalah Browsing, chatting, berkirim e-mail, dan lain sebagainya, Namun, semua itu tidak selau berjalan dengan mulUS. Terkadang kita menghadapi kendala saat kita sedang berhadapan dengan internet.
A. Seputar Browsing Internet
Browsing Internet merupakan suatu kegiatan yang mengasikkan. Dengan melakukannya, kita akan bisa mendapatkan informasi hingga ke ujung dunia dalam hitungan detik. Namun, ada kalanya kita menghadapi masalah saat browsing. Untuk mempercepat loading saat membuka website. Untuk mempercepat proses loading tersebut, dapat menonaktifkan beberapa fitur yang terdapat di Internet Ekplorer. Misalnya dengan menonaktifkan fitur Show Picture (untuk menampilkan gambar- gambar yang ada dalam website), Play Sound in web pages (untuk menampilakan suara dalam website), Play video on web pages (untuk memainkan video dalam website). Dengan menonaktifkan beberapa fitur tersebut, proses loading saat membuka website pun akan menjadi lebih cepat. Untuk melakukannya, caranya adalah sebagai berikut : 1) Buka jendela internet Eksplorer, 2) Klik Tools → Internet Options sehingga sehingga akan di tampilakan jendela Internet Option, 3) Klik tab Advenced, kemudian cari bagian Multimedia, 4) Hilangkan tanda cek pada Show Picture, Play sound in web pages, Play video on web pages yang sekiranya tidak membutuhkan kesberadaannya dalam website tersebut.


B. Mengatur Chase Internet Eksplorer
Cache berfungsi mempercepat proses transfer data yang dilakuakn berulang- ulang. Dengan adanya cahce ini, homepage yang telah di tutup, akan dapat di buka dengan lebih cepat, karena telah tersimpan sementara di dalam sistemnya. Cara mengaturnya adalah sebagai berikut : 1) Buka Internet Ekspolrer, 2) Klik menu Tools → Internet Options, 3) Pada jendela Internet Options, klik tab General, 4) Klik tombol Settings pada kolom Temporary Internet Files sehingga akan muncul jendela Settings, 5) Pada kolom Ammount of disk to use, isikan besarnya kapasitas Cache (dalam MB) yang di kehendaki. Nilai yang terlalu kecil atau terlalu besar sangat tidak nyaman untuk digunakan. Untuk itu, isikan dengan nilai yang sesuai dengan kebutuhan browser. Secara default, nilai yang terisi adalah 596 MB, tetapi ternyata nilai ini terlalu besar, dapat menggantinya dengan kisaran antara 5-10 MB, sehingga akan lebih efektif untuk digunakan, 6) Klik OK untuk menutup jendela Settings, 7) Klik OK lagi untuk mengakhiri pengaturan.
C. Membersihkan browsing history pada Internet Eksplorer
Untuk membersihkan history pada browser Internet Eksplorer, ikuti langkah- langkah berikut ini : 1) Buka Internet Eksplorer, 2) Klik Tools → Internet Options, 3) Pada tab General Clear History, 4) Klik Yes pada kotak konfirmasi Internet Options, 5) Klik OK untuk menyetujuinya.
D. Situs yang Membuka Secara Otomatis.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, yang dapat di lakukan adalah mengubah default pada browser. Alamat default ini berfungsi mengarahkan browser ke suatu tujuan ketika browser dibuka. Untuk mengaturnya, ikuti langkah- langkah berikut ini : 1) Buka Internet Eksplorer, 2) Pada jendela utamanya, klik Tools → Options, 3) Masukklah ke tab General, 4) isikan alamat situs yang diinginkan pada textbox Address juga dapat membuat browser tidak mengalah ke alamat apapun dengan melakukan klik pada tombol Use Blank, 5) Klik OK, kemudian Restart browser.
Biasanya dengan pengaturan tersebut, masalah tersebut akan dapat teratasi. Namun pada kondisi tertentu browser tetap selalu mengarah ke alamat tertentu setiap kali di buka. Bila itu permasalahannya, kemungkinan besar ada malware yang menyusup dan melakukan perubahan konfigurasi pada registry editor. Untuk itu coba periksa registry, dengan menggunakan langkah berikut ini: 1) Klik menu Start → Run, 2) Ketikan regedit, pada textbox Open, kemudian klik OK, 3) Setelah muncul jendela Registry Editor klik menu Edit → Find, 4) Pada jendela Find. Ketikan nama situs yang menggangu tersebut pada tetbox Find What, 5) Beri tanda cek pada checkbox Keys, Values, dan Data, 6) Klik Find untuk memulai pencarian, 7) Jika proses pencarian tersebut berhenti, dan menemukan alamat situs tersebut, lakukan penghapusan dengan menekan tombol Delete pada keyboard, 8) Kemudian lanjutkan pencarian dengan menekan tombol F3 pada keyboard. Lakukan langkah nomor 7 dan 8 secara berulang- ulang hingga proses pencarian selesai.
E. Internet Eksplorer Tidak Dapat Membuka Situs dengan Domain. Gov
Secara default Internet Eksplorer hanya hanya mengenal 4 macam domain yaitu. com, .edu, .org, dan .net. Untuk itu, perlu dilakukan pengaturan untuk registry agar Internet Eksplorer dapat melakukan pencarian pada domain tersebut. Caranya adalah sebagai berikut: 1) Buka jendela Run melalui Start → Run, 2) Ketikan regedit pada kolom Open kemudian klik OK, 3) Setelah muncul jendela Registry Editor, cari key HIKEY_LOCAL_MACHINE\Sofware\Microsoft\Internet Eksplorer\Main\Url Template, 4) Di jendela kosong bagian kanan, lakukan klik kanan kemudian pilih New → String Value, 5) Isikan dengan angka 5 atau sesuai dengan urutan angka yang tersedia dalam key tersebut, 6) Klik ganda pada string tersebut sehingga akan muncul jendela Edit String Value, 7) Isikan value data dengan %s. gov, 8) Klik OK untuk menyetujuinya, 9) Tutup Registry Editor, kemudian Restart Komputer. Apabila suatu ketika ingin menambahkan domain- domain baru, langkah yang perlu dilakukan sama dengan langkah langkah di atas, hanya tinggal menggantivalue data dengan domain baru.
F. Selalu Menampilkan Jendela Baru Saat Membuka Link dengan Mozilla
Hal tersebut dapat terjadi pada Mozilla Firefox karena mengaktifkan pengaturan untuk membuka jendela baru saat membuka link. Untuk mengubahnya, dapat mengikuti langkah berikut: 1) Buka browser Mozilla Firefox, 2) Klik Tools → Options, 3) Pada jendela Options klik tab Advanced, 3) Perhatikan pada bagian Tabbed Browsing. Pilih opsi the most recent tab/ window, 5) Klik OK untuk melakukan perubahan, 6) Restart Mozilla Firefox.
G. Mengaktifkan Fitur Auto Disconnecct di Internet Eksplorer
Perlu dilakukan pengaturan pada Internet Eksplorer agar bisa memutuskan secara otomatis ketika tidak kita gunakan dalam beberapa saat. Langkah- langkahnya adalah sebagai berikut : 1) Buka Internet Eksplorer, 2) Klik Tools → Internet Options, Masuklah pada tab Connections kemudian pilih nama koneksi Dial-up pada bagian Dil- up Settings, 4) Klik Settings sehingga akan muncul jendela Dial- up Settings, 5) Klik tombol Advanced, Beri tanda sek pada Disconnect if idle for minutes. Isikan nilai tersebut (dalam satu menit) sesuai dengan kebnutuhan, 7) Klik OK untuk menutup jendela tersebut, 8) Klik OK juga pada jendela Dial-up Settings dan Internet Options

PENERAPAN
“ OPEN OFFICE. org DAN SEPUTAR BROWSING “
DI SEKOLAH DASAR
Siswa dapat lebih memahami dan mudah dalam mengerjakan segala sesuatunya yang berhubungan dengan komputer, dengan adanya cara- cara yang lebih singkat dan mudah untuk mencobanya. Open Office sangat berfungsi baik untuk pembelajaran siswa dalam menggunakan Miscrosoft Office, karna banyak kemudahan melalui cara- cara yang lebih cepat, siswa diajak berpikir lebih singkat dan kreatif dalam menginovasi hasil kerjanya di Microsoft Office terutama dalam Microsoft Word. Siswa dapat membuka Website Open Office.org bila siswa ingin mengetahui lebih banyak kecanggihan- kecanggihan yang siswa akan dapatkan.
Browsing bagi sebagian siswa merupakan hal yang mudah dan tidak mudah. Daya pikir siswa yang kreatif tentu saja browsing merupakan tempat untuk mencari informasi yang akan di dapatkan dalam waktu yang sangat singkat. Di sini di beri tahu cara- cara memanfaatkan browsing yang dapat menambah siswa agar lebih kreatif. Semua ini dapat diterapkan di sekolah karena siswa mengetahui melalui dasar- dasar dari segalanya, dan sangat berguna untuk pembelajarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar